Sabtu, 20 Mei 2017

cara mudah membuat bangku dari kayu

Tags

Bangku dari bahan kayu 
Berikut ini adalah cara membuat kursi yang cepat dan sederhana yang bisa Anda coba buat sendiri:
Langkah Pertama
Pertama-tama bagian kursi yang dibuat adalah bagian kakinya. Potong kayu dengan ukuran kaki 3×6 cm dan panjang 85cm. Gunakan bantuan gergaji serkel meja atau serkel tangan. Setelah selesai memotong, pangkas bagian ujung kayu dengan posisi agak lancip. Fungsinya untuk menempatkan papan sebagai sandaran.
Langkah Kedua
Kemudian lanjutkan memotong kayu untuk kaki kursi bagian depan. Panjangnya 45 cm dengan ketebalannya sama dengan kaki bagian depan, yaitu 3×6 cm. Gunakan mal untuk pemotongan kayu karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dan mencegah ada yang tertinggal. Jadi sebelum memotong bagian kaki-kaki kayu, hitung dulu ukurannya sesuai dengan kebutuhan.
Langkah Ketiga
Selanjutnya adalah membuat bagian sunduk bagian samping. Ukuran panjang sunduk kursi bagian samping adalah 32 cm. Ukuran tersebut sudah termasuk purusannya. Kemudian setel depan bagian depan dan belakangnya. Jadi panjang 32 cm tersebut sudah termasuk dengan bagian purusnya. Namun, bagian sunduk setel cukup ambil 1cm saja, karena nanti bagian penyetelannya dibantu menggunakan paku.
Langkah Keempat
Jika semua bahan sudah tersedia dan cukup jumlahnya, lanjutkan dengan proses menyerut. Gunakan mesin serut agar hasilnya halus dan rata. Agar lebih cepat tidak perlu menggunakan klusut, namun tetap dengan catatan hasilnya harus sesuai dengan ukuran.
Langkah Kelima
Setelah semua kayu sudah diserut, baru kemudian masuk ke tahap mengukur. Proses memotong kayu disarankan menggunakan mesin gergaji duduk agar hasilnya lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.
Langkah Keenam
Langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang dengan proses tatah atau pemahatan. Disarankan menggunakan alat khusus (pisau tatah) agar prosesnya lebih mudah dan cepat.
Langkah Ketujuh
Langkah pembuatan papan untuk alas duduk dan sandaran, pembuatannya setelah rangka kursi sudah selesai dibuat karena otomatis sudah tahu berapa ukuran yang dibutuhkan.
Nah, kursi kayu buatan sendiri sudah selesai dibuat. Anda bisa memberi warna sesuai dengan warna kesukaan Anda. Jika Ingin memberikan kesan kayu yang kuat bisa beri warna dengan cat kayu warna kayu lalu dilanjutkan dengan memberi pernis agar lebih kuat dan tahan warna. Jemur hingga cat benar-benar kering dan kursi sudah bisa digunakan.
Demikian tips cara membuat kursi kayu yang simple dan mudah.Dan bisa dilukis atau di cat sesuai keinginan.
sumber: https://seputarfurniture.com/7-tahapan-cara-membuat-kursi-kayu-yang-simple-dan-cepat/
Tanggal 21 mei 2017 
Jam : 12.43


EmoticonEmoticon